Serba-Serbi

Skala peta dapat dinyatakan dalam tiga bentuk yaitu:

1. Skala Pecahan (Numerik Scale atau Representative Fraction (RF))

Skala yang dinyatakan dengan cara ini merupakan cara yang paling mudah dimengerti karena perbandingan jarak di peta terhadap jarak di permukaan bumi (di lapangan) dinyatakan dalam bentuk pecahan yang sederhanya, misalnya:
Skala = 1 : 50.000 atau ditulis 1/50.000
Ini berarti 1 satuan jarak di peta sesuai dengan 50.000 kesatuan jarak yang sama di permukaan bumi (di lapangan) skala 1 : 50.000 berarti:
1 cm di peta : 50.000 cm di permukaan bumi, atau
1 inci di peta : 50.000 inci di permukaan bumi, atau
1 yard di peta : 50.000 yard di permukaan bumi.

Seperti yang kita ketahui bahwa peta itu adalah kenampakan permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar yang lebih kecil dari kenyataan. Perbandingan ukuran/besarannya kenampakan yang digambar dalam peta dengan kenampakan aslinya itulah yang disebut dengan skala. Yang perlu dingat adalah bahwa skala peta hanya menyatakan perbandingan jarak-jarak mendatar saja, kecuali jika peta tersebut dilengkapi dengan kontur maka skala dapat berfungsi menjadi perbandingan skala tegak. Tanpa pengetahuan mengenai skala maka kita akan kesulitan dalam mengetahui ukuran-ukuran kenampakan dalam peta.

Skala peta dapat dimaknai sebagai perbandingan antara jarak yang memisahkan dua titik yang sama dipermukaan bumi, secara singkat dapat dinyatakan:
Angka perbandingan biasanya harus dinyatakan dengan menggunakan satuan ukuran yang sama, misalnya; cm, yard, inci, dsb. Jarak yang dimaksud dalam peta adalah jarak horizontal, yakni jarak yang sudah di proyeksi kan dari hasil pengukuran lapangan.

Menurut I Made Sandy sebagai alat informasi dan komunikasi maka peta itu harus memenuhi empat syarat yaitu :

I. Peta tidak boleh membingungkan. yaitu dengan dilengkapi:

  1. Judul Peta, Judul suatu peta harus menggambarkan isi peta atau aspek apa yang di gambarkan, dimana atau meliputi daerah mana (baik berdasarkan batas fisis maupun batas administratif) dan kapan gejala atau aspek tersebut terjadi
  2. Skala, Dalam suatu peta harus di cantumkan skala supaya jelas daya muat peta yang di gambarakan dan menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan jenis symbol yang di gunakan dan juga kita bias menentukan luas daearah tersebut.
  3. Legenda, Legenda peta akan menperjelas arti dan makna symbol yang di gambarkan pada peta oleh sebab itu agar mudah dlmengerti dan mudah ditangkap maknanya maka pemilihan jenis symbol serta variasinya (terutama bila menggunakan warna) harus menjadi pertimbangan utama.

Peta merupakan penggambaran keadaan muka bumi ke dalam bidang datar.

Peta juga merupakan gambaran permukaan bumi yang berisi fenomena alam dan fenomena buatan memuat informasi yang diperlukan dalam pengelolaan sumberdaya di berbagai bidang pembangunan termasuk bidang perencanaan tata ruang, kehutanan, perkebunan, pertanian, kelautan, pertambangan dan lain sebagainya.

Secara umum peta diartikan sebagai gambaran konvensional dari pola bumi yang digambarkan seolah olah dilihat dari atas ada bidang datar melalui satu bidang proyeksi degan dilengkapi tulisan tulisan untuk identifiksinya

Peta mengandung arti komunikasi. Artinya merupakan suatu signal atau Channel antara sipengirim pesan ( pembuat peta) dengan si penerima pesan (pemakai peta). Dengan demikian peta digunakan untuk mengirim pesan berupa informasi tetang realita dari fenomena geografi.

Peta pada dasarnya adalah sebuah data yang didesain untuk mampu menghasilkan sebuah informasi geografis melalui proses pengorganisasian dari kolaborasi data lainnya yang berkaitan dengan bumi untuk menganalisis, memperkirakan dan menghasilkan gambaran kartografi. Informasi ruang mengenai bumi sangat kompleks, tetapi pada umunmya data geografi mengandung 4 aspek penting, yaitu (Zhou, 1998):

Bagi kamu yang baru mengenal internet, tentunya banyak istilah-istilah yang kamu temui dan baca yang mungkin masih terdengar asing di telinga kalian. Nah, agar lebih memudahkan kalian belajar, berikut disajikan daftar istilah yang bakal sering kamu jumpai jika sedang berinternet-ria. Wajib kamu ketahui agar menjadi lebih paham dan tidak ketinggalan info tentang seputar dunia internet. Apalagi bagi kalian yang ingin memperdalam ilmu di bidang yang satu ini dan ingin terjun didalamnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua. Silakan disimak.

ADN (Advanced Digital Network) - Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) - Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

Anonymous FTP - Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan "Anonymous" pada isian Username dan alamat email sebagai password.