iden

Info

PDAM Usulkan 2.204 Pelanggan Baru

Dalam rangka melaksanakan program Hibah Air Minum untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan mengusulkan sebanyak 2.204 sambungan rumah (SR) baru.

Usulan tersebut untuk memperoleh bantuan hibah dari AusAID. Hal ini dikemukakan Direktur PDAM Ir H Ady Setyawan SH, kemarin. Usulan itu tersebar di tujuh desa di wilayah Kecamatan Purwodadi, yaitu Desa Nglobar (300 SR), Nambuhan (800 SR), Genuksuran (200 SR), Putat (304 SR), Cengkrong (200 SR), Kedungrejo (142 SR), Dusun Dadabong, Desa Ngraji (153 SR) dan satu dusun di Kecamatan Toroh, yaitu Dusun Sendangsari, Desa Tambirejo (100 SR).

’’Ini usulan kami kepada pemerintah pusat pada 2012, namun baru memperoleh jawaban pada 2013. Hibah tersebut merupakan bantuan dari AusAID Australia,’’kata Ady. Tentang besarnya bantuan yang bersifat hibah tersebut, lanjut dia, besarannya mencapai Rp 2 miliar per 1.000 SR. Namun selebihnya, dari 1.000 SR, setiap sambungan rumah dihargai Rp 3 juta.

’’Dengan demikian, kalau dari usulan sebanyak 2.204 SR setelah disurvei dinyatakan memenuhi kriteria sebanyak 2.000 SR, maka nilai bantuan hibah air minum dari AusAID untuk PDAM Grobogan besarnya mencapai Rp 4 miliar, dan langsung masuk ke rekening Pemkab,’’terangnya. Survei Berkaitan dengan usulan tersebut, pihaknya belum tahu pasti berapa SR yang memenuhi kriteria dan disetujui. Pasalnya, sesuai jadwal dari pemerintah pusat, survei baru dimulai pada 30 Mei hingga sebulan mendatang. ’’Yang jelas, dasar kami mengusulkan adalah hasil kajian dan pengamatan langsung di lapangan sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat,’’ulasnya.

Tentang persiapan menyongsong dilaksanakannya program Hibah Air Minum MBR tersebut, PDAM Grobogan sudah siap. ’’Pemkab sudah membentuk tim pengelola berdasarkan SK Bupati Grobogan No 539/607/V/2012. Menurut SK ini, Sekda sebagai Penanggungjawab, Kepala DPPKAD sebagai kepala tim, direktur PDAM sebagai sekretaris, sementara kepala Bappeda dan kabag Perekonomian Setda, masing-masing sebagai anggota,’’ulasnya.

sumber: suaramerdeka.com