Kepala OPD Diminta Melakukan Akselerasi Pelaksanaan Kegiatan Fisik Tahun 2018

Print

akselkeg fisik copySekda Grobogan Moh Sumarsono meminta para kepala OPD agar melakukan akselerasi atau percepatan pelaksanaan kegiatan fisik tahun 2018. Hal itu ditegaskan karena realisasi fisik hingga akhir Juni atau triwulan II dinilai masih rendah, yakni sekitar 36,18 persen. Sementara target yang ditentukan sebesar 47,52 persen.

“Kondisi ini harus disikapi dengan serius. Soalnya, waktu yang tersisa hanya tinggal enam bulan saja. Semua kepala OPD harus lakukan akselerasi agar realisasi fisik ini bisa sesuai target pada akhir triwulan III mendatang,” tegas Sumarsono saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Pembangunan (Rakor POP) triwulan II tahun 2018 di gedung Riptaloka setda Grobogan, Kamis (19/7/2018).

Besarnya anggaran dalam APBD 2018 untuk proyek fisik pada triwulan II nilainya berkisar Rp 1 triliun. Dana sebesar ini digunakan untuk membiayai 2.096 program kegiatan yang tersebar di 49 SKPD.

Ia meminta kepada semua kepala SKPD agar segera melaksanakan program yang sudah direncanakan sehingga serapan anggaran bisa sesuai target. Kemudian, semua kendala yang menjadi penyebab lambatnya penyerapan anggaran agar selalu diidentifikasi dan dicarikan solusinya.

“Kebiasaan menunda pekerjaan hingga menumpuk pada akhir tahun jangan sampai terjadi lagi. Program kerja yang sudah direncanakan agar segera dilaksanakan tepat waktu,” cetusnya.

Sumarsono menegaskan, para kepala OPD dan seluruh stafnya harus benar-benar serius dan komitmen untuk meningkatkan kinerja. “Apabila tidak mampu menyelesaikan target kinerja yang sudah ditetapkan maka harus siap menerima konsekuensi,” tegasnya.