iden

Berita

Para Ulama di Grobogan Diajak Bantu Pemerintah Selesaikan Persoalan Bangsa

ulamabantubangsa 1Ketua Dewan Pembina Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Ali Mufiz mengajak para ulama untuk ikut membantu pemerintah dalam memecahkan dan menangani persoalan bangsa. Persoalan yang perlu dituntaskan hingga di pedesaan ada tiga hal. Yakni, persoalan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan ideologi.

“Harus kita sadari, semua persoalan bangsa ini tidak lepas dari sistem pendidikan. Para ulama, termasuk di Grobogan ini harus melakukan penafsiran kembali terhadap sistem pendidikan yang berlaku,’’ kata Ali Mufiz saat menghadiri Halaqoh Ulama MUI di gedung Riptaloka Pemkab Grobogan, Kamis (26/7/2018).

Mantan Gubernur Jateng itu menyatakan, persoalan itu merupakan tantangan besar yang harus dipecahkan bersama. Dengan memecahkan itu, diharapkan warga negara menjadi lebih tangguh lahir dan batinnya.

Disisi lain, karakter bangsa akan terbentuk lebih kuat. Kemudian, keislaman dan jiwa nasionalismenya tertanam baik.

Di samping itu, ulama diminta merambah dan memberdayakan potensi umat. Saat ini, lanjutnya, potensi umat di bidang ekonomi sudah besar. Hanya perlu dilakukan pengorganisasian yang baik dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Ali Mufiz juga meminta ulama untuk tidak lagi mempersoalkan perbedaan-perbedaan yang ada. Pembahasan itu harus diakhiri dan ulama harus fokus untuk bekerja membangun bangsa.

Halaqoh Ulama dibuka Sekda Grobogan Moh Sumarsono. Acara ini juga dihadiri Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji, para ulama, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Ketua MUI Grobogan Hamzah Matni mengatakan. Pihaknya memiliki gagasan kegiatan ulama masuk desa untuk membantu pemerintah persoalan di masyarakat. Menurutnya, persoalan bangsa biasanya datang dari pedesaan.

’’Melalui program ini kami harap persoalan bunuh diri, pernikahan dini, kenakalan remaja, hingga hamil di luar nikah dapat ditekan. Tahun depan, kami harap program ini mulai berjalan,’’ katanya.