iden

Data

Rapat Lanjutan Tim Teknis Penanganan ATS (Finalisasi Aplikasi System Informasi Penanganan ATS)

DSC00124Sebagai tindak lanjut rapat tim teknis tanggal 26 April 2021, pada tanggal 3 Mei 2021 telah dilaksanakan rapat lanjutan dengan agenda finalisasi aplikasi sistem informasi penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) bertempat di Ruang Rapat Kecil Bappeda Kab. Grobogan. Rapat dipimpin oleh Sekretaris Bappeda, Afi Wildani, ST, M. Eng. Sebagaimana saran dan masukan dari Tim, tim programmer yang merupakan staf pranata komputer dari Bappeda & Diskominfo telah menyempurnakan aplikasi system informasi penanganan ATS, dengan hasil sebagai berikut :

  • Aplikasi dinamakan Sistem Informasi dan Validasi Perencanaan Anak Mesti Sekolah yang disingkat SI-VANESSA.
  • Makna logo aplikasi adalah gambar dua tangan diterjemahkan sebagai tempat/wadah untuk ATS dan gambar 3 anak sekolah diterjemahkan sebagai wajib belajar 12 Tahun (SD/sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/sederajat.
  • Otoritas aplikasi dibagi menjadi 3 level yaitu level pendata, admin desa dan coordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan (KORWILCAM). Pada level pendata, bisa dilakukan oleh perangkat desa/Ketua RT/RW, guru, tokoh masyarakat atau relawan pendidikan. Pada level admin desa, admin desa perlu memverifikasi data ATS dan Non-ATS yang telah didata oleh petugas data, jika ada data yang kurang/tidak benar maka admin desa diberi kewenangan untuk mengubahnya. Pada level Korwilcam, diberikan otoritas dalam hal memvalidasi data ATS dan Non-ATS yang telah diverifikasi oleh admin desa. Hal ini dilakukan, dengan tujuannya terwujudnya sinergitas dan kolaborasi di tingkat desa dan korwilcam untuk saling cek dan kroscek data ATS di wilayah kerjanya masing-masing.

Dalam rangka percepatan pendataan, verifikasi dan validasi ATS, diminta kepada Tim Teknis agar segera melaksanakan sosialisasi aplikasi SI-VANESSA dalam waktu yang tidak terlalu lama.