iden

Bidang Pemsosbud

apko 4 

Purwodadi - Sebagai tindak lanjut rakor tanggal 6 September 2021, telah dilaksanakan peningkatan kapasitas dan Bimbingan Teknis Aplikasi Terintegrasi Penanganan Stunting (ATASI STUNTING) bagi Petugas Tenaga Gizi, Kader Pembangun Manusia dan Kader Kesehatan Desa di 5 desa lokus intervensi stunting pada tanggal 9 September 2021 bertempat di Ruang Pangripta Bappeda Kab. Grobogan. Kegiatan dibuka dan dipimpin oleh Kabid Pemsosbud Bappeda Kabupaten Grobogan Fandyasih Bowo Leksono, S.STP, M.Si.

Penjelasan penggunaan ATASI STUNTING disampaikan oleh Pranata komputer/Programmer, mulai alur login, tata cara pengisian data pengukuran, pemberian PMT, Taburia dan imunisasi. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan NIK, sehingga sangat memudahkan petugas gizi dalam melakukan inputing data. Selain itu, aplikasi ini juga disediakan akun dilevel desa dan Kader Kesehatan Desa/Kader Pembangunan Manusia sebagai adminnya, serta dilengkapi fitur export data yang langsung dapat diimport ke EPPGBM, sehingga petugas gizi tidak perlu input ulang ke EPPGBM. Ke depan, sistem informasi  ini akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sebagai Decision Support System (DSS) yang bisa dituangkan ke dalam dokumen perencanaan pembangunan pada tahun-tahun berikutnya.

Diharapkan, dengan pelibatan Sumber Daya manusia dilevel desa dan aplikasi yang terintegrasi dengan NIK, dapat mendorong capaian progress input identitas dan pengukuran balita lebih dari 80% sebagaimana surveilan yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan.

Page 1 of 4