iden

Bidang Pemsosbud

brita

Purwodadi 29/09/20 - Bappeda Kab. Grobogan telah melaksanakan rembug stunting dengan agenda memantau capaian pelaksanaan progress entri  data gizi dalam sistem elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PGBM). Rembug stunting ini merupakan tindak lanjut dari rembug stunting sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 11 April 2020 yang lalu. Sebagaimana data yang disampaikan sebelumnya, bahwa terdapat perbedaan angka prevalensi stunting yang cukup signifikan antara data Riskesdas Tahun 2018 dan data penimbangan serentak dan ePPGBM.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, angka prevalensi stunting Kab. Grobogan sebesar 39,2 %. Berdasarkan penimbangan serempak dengan adanya penambahan data yang baru masuk ke Dinas Kesehatan, terdapat angka prevalensi stunting di Kab. Grobogan sebesar 3,5 %. Dari data e-PPGBM per Agustus 2020, dengan cakupan entry 60%, terdapat angka prevalensi stunting sebesar 4,5 %. Hal ini menunjukan ada progress yang baik dalam pengentrian data ke e-PPGBM, meskipun belum mencapai 100%. Di bulan desember nanti akan didiagenda acara yang sama dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi data prevalensi stunting ini. Diharapkan, progress entri ke e-PPGBM ini bisa mencapai 100%, dengan memiliki data prevalensi angka stunting by name by addres, Pemerintah Daerah akan lebih memudah mengintervensinya, siapa bertanggungjawab apa.

kunker1Purwodadi - Berdasarkan Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor : 005/0023870, Rapat Koordinasi Membangun Sinergi Penangulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Grobogan dapat terlaksana dengan lancar yang langsung di pimpin oleh Bapak Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen pada tanggal 29 Oktober 2019 di pendopo Kabupaten Grobogan.

Lebih dari 300 peserta yang hadir pada acara tersebut yang terdiri dari Forkompimda Kabupaten Grobogan, OPD se-Kabupaten Grobogan, Camat se-Kabupaten Grobogan, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan kategori Desa/ Kelurahan Merah dalam angka kemiskinan, Istansi Vertikal, Perguruan Tinggi, Perbankan, Stakeholders dan Dunia Usaha, Serta dari Tamu OPD Provinsi Jawa Tengah.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam rangka pelaksanaan Rapat Koordinasi Kemiskinan dengan tema “ Membangun Sinergitas Penanggulangan Kemiskinan di Jawa Tengah” di Kabupaten Grobogan. Setelah memimpin langsung pembukaan Rapat Koordinasi Membangun Sinergi Penangulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Grobogan Wakil Gubernur langsung melaksanakan kegiatan kunjungan lapangan ke Rumah Pelayanan Sosial eks Psikotik Sono Rumekso Kecamatan Purwodadi dan kunjungan ke lokasi Desa Dampingan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah di Desa Ngrandah Kecamatan Toroh.

kunker2

Kunjungan Wagub di Desa Ngrandah Kecamatan Toroh.